Pages

Rabu, 01 April 2009

AP 2

1) Mengubah derajat temperatur, dari derajat Celcius ke derajat Fahreinheit dan Reamur (derajat Celcius diinput)

Jawab :

Program Suhu;

Uses crt;

Var C, F, R: Real;

begin

Clrscr;

write(‘Suhu Celcius yang kamu ketahui : ‘); readln(C);

writeln;

R:=4/5*(C-32);

writeln(‘Reamurnya : ‘, R:5:1);

writeln;

F:=9/5*(C-32);

writeln(‘Fahrenheitnya : ‘, F:5:1);

readln;

end.

Outputnya :


Suhu Celcius yang kamu ketahui : 79


Reamurnya : 37.6


Fahrenheitnya : 84.6


2) Menghitung Luas dan Keliling lingkaran, dengan jari-jari diketahui (diinput).

Jawab :

Program Lingkaran

uses crt;

Var Keliling, Luas, J: Real;

begin;

clrscr;

writeln(‘MENGHITUNG LUAS DAN KELILING LINGKARAN’);

writeln(‘-----------------------------------------------------------------------‘);

writeln;

write(‘Masukkan jari-jari yang diketahui : ‘); Readln(J);

writeln;

Luas:=3.14*J*J;

writeln(‘Luasnya : ‘, Luas:9:2);

writeln;

keliling:=2*3.14*J;

writeln(‘Kelilingnya : ‘, keliling:9:2);

readln;

end.

Outputnya :


MENGHITUNG LUAS DAN KELILING LINGKARAN

----------------------------------------------------------------------------

Masukkan jari-jari yang diketahui : 9

Luasnya : 254.34

Kelilingnya : 56.52



3) Menghitung Luas dan Keliling segitiga sembarang yang diketahui ke tiga sisinya.

Jawab :

Program segitiga;

uses crt;

var

alpha,a,b,c,luas : real;

begin

clrscr;

writeln(’program mencari luas segitiga sembarang’);

writeln;

write(’besarnya alpha ? ’);

readln(alpha);

write(’besarnya b ? ’);

readln(b);

write(’panjang c ? ’);

readln(c);

a := sqrt(sqr(b) + sqr(c) -2 * b * c *cos(alpha / 57.2958));

luas := 0.5 * b * c * sin(alpha / 57.2958);

writeln;

writeln(’panjang sisi a = ‘,a:8:2);

writeln(’luas segitiga = ‘,luas:8:2);

outputnya :

program mencari luas segitiga sembarang

---------------------------------------------------------------

besarnya alpha ? 81

besarnya b ? 45

panjang c ? 23

panjang sisi a = 47.22

luas segitiga = 511.13

4) Mencari nilai Sinus, Cosinus, dan Tangen dengan sudut diinput.

Jawab :

Program Aritmatika;

uses crt;

var Y: integer;

begin

clrscr;

GOTOXY(I5,9)

Write(‘Masukkan nilai dari Y : ‘); readln(Y);

writeln;

GOTOXY(17,10);

Write (‘- Sinus : ‘, SIN(Y):9:3);

writeln;

GOTOXY(17,11);

Write(‘- Cosinus : ‘, COS(Y):9:3);

writeln;

GOTOXY(17,12);

write(‘- Tangen : ‘, ARCTAN(Y):9:3);

readln;

end.

Outputnya :

Masukkan nilai dari Y : 6

- Sinus : -0.279

- Cosinus : 0.960

- Tangen : 1.406


5) Mencari akar dan kuadrat dari suatu nilai (nilai diinput).

Jawab :

Program matematika;

uses crt;

Var X: integer;

begin

clrscr;

write(‘Masukkan nilai dari X : ‘); readln(X);

writeln;

writeln(‘Pangkat’);

writeln(‘----------‘);

writeln(‘Nilai X dipangkatkan : ‘, SQR(X));

writeln;

writeln(‘Akar’);

writeln(‘------‘);

writeln(‘Nilai X diakarkan : ‘, SQRT(X):1:0);

readln;

end.

Outputnya :

Masukkan nilai dari X : 9

Pangkat

----------

Nilai X dipangkatkan : 81

Akar

------

Nilai X diakarkan : 3


6) Mencari nilai bulat dan pecahan dari suatu nilai yang dimasukkan melalui keyboard (diinput). Nilai pecahan tersebut dibulatkan sampai 3 angka dibelakang koma (,)

Jawab :

Program Bilangan;

uses crt;

Var J: Real;

begin

clrscr;

write(‘Masukkan Nilai J : ‘); readln(J);

writeln;

writeln;

writeln(‘Bilangan bulatnya : ‘, INT(J):5:2);

writeln;

writeln(‘Bilangan Pecahan : ‘, FRAC(J):5:3);

readln;

end.

Outputnya :

Masukkan Nilai J : 19.108



Bilangan bulatnya : 19.00


Bilangan Pecahannya : 0.108


7) Tampilkan nama dan NPM anda di dalam window, dan terletak pada tengah-tengah layer

Jawab :

Program Nama;

Uses crt;

Var I : integer;

Begin

TEXTBACKGROUND(BLACK);

Clrscr;

For I := 1 to 9 do

Begin

TEXTBACKGROUND(WHITE);

WINDOW(42-I*4,10-I,38+I*4,15+I);

Clrscr;

End;

TEXTCOLOR(RED);

GOTOXY(20,10);

WRITRELN(‘NAMA SAYA YAZRI BUDI MARIYON’);

Gotoxy(25,11);

Writeln(‘NPM saya 32108074’);

Readln;

End.

Outputnya :

Maka akan keluar “NAMA SAYA YAZRI BUDI MARIYON ” dan “NPM saya 32108074” kata kata tersebut akan keluar pada saat di running dan akan berada tepat di tengah layar dan warna tulisan berwarna merah dan layar berwarna putih.

Read More >>