Pages

Rabu, 01 April 2009

AP 2

1) Mengubah derajat temperatur, dari derajat Celcius ke derajat Fahreinheit dan Reamur (derajat Celcius diinput)

Jawab :

Program Suhu;

Uses crt;

Var C, F, R: Real;

begin

Clrscr;

write(‘Suhu Celcius yang kamu ketahui : ‘); readln(C);

writeln;

R:=4/5*(C-32);

writeln(‘Reamurnya : ‘, R:5:1);

writeln;

F:=9/5*(C-32);

writeln(‘Fahrenheitnya : ‘, F:5:1);

readln;

end.

Outputnya :


Suhu Celcius yang kamu ketahui : 79


Reamurnya : 37.6


Fahrenheitnya : 84.6


2) Menghitung Luas dan Keliling lingkaran, dengan jari-jari diketahui (diinput).

Jawab :

Program Lingkaran

uses crt;

Var Keliling, Luas, J: Real;

begin;

clrscr;

writeln(‘MENGHITUNG LUAS DAN KELILING LINGKARAN’);

writeln(‘-----------------------------------------------------------------------‘);

writeln;

write(‘Masukkan jari-jari yang diketahui : ‘); Readln(J);

writeln;

Luas:=3.14*J*J;

writeln(‘Luasnya : ‘, Luas:9:2);

writeln;

keliling:=2*3.14*J;

writeln(‘Kelilingnya : ‘, keliling:9:2);

readln;

end.

Outputnya :


MENGHITUNG LUAS DAN KELILING LINGKARAN

----------------------------------------------------------------------------

Masukkan jari-jari yang diketahui : 9

Luasnya : 254.34

Kelilingnya : 56.52



3) Menghitung Luas dan Keliling segitiga sembarang yang diketahui ke tiga sisinya.

Jawab :

Program segitiga;

uses crt;

var

alpha,a,b,c,luas : real;

begin

clrscr;

writeln(’program mencari luas segitiga sembarang’);

writeln;

write(’besarnya alpha ? ’);

readln(alpha);

write(’besarnya b ? ’);

readln(b);

write(’panjang c ? ’);

readln(c);

a := sqrt(sqr(b) + sqr(c) -2 * b * c *cos(alpha / 57.2958));

luas := 0.5 * b * c * sin(alpha / 57.2958);

writeln;

writeln(’panjang sisi a = ‘,a:8:2);

writeln(’luas segitiga = ‘,luas:8:2);

outputnya :

program mencari luas segitiga sembarang

---------------------------------------------------------------

besarnya alpha ? 81

besarnya b ? 45

panjang c ? 23

panjang sisi a = 47.22

luas segitiga = 511.13

4) Mencari nilai Sinus, Cosinus, dan Tangen dengan sudut diinput.

Jawab :

Program Aritmatika;

uses crt;

var Y: integer;

begin

clrscr;

GOTOXY(I5,9)

Write(‘Masukkan nilai dari Y : ‘); readln(Y);

writeln;

GOTOXY(17,10);

Write (‘- Sinus : ‘, SIN(Y):9:3);

writeln;

GOTOXY(17,11);

Write(‘- Cosinus : ‘, COS(Y):9:3);

writeln;

GOTOXY(17,12);

write(‘- Tangen : ‘, ARCTAN(Y):9:3);

readln;

end.

Outputnya :

Masukkan nilai dari Y : 6

- Sinus : -0.279

- Cosinus : 0.960

- Tangen : 1.406


5) Mencari akar dan kuadrat dari suatu nilai (nilai diinput).

Jawab :

Program matematika;

uses crt;

Var X: integer;

begin

clrscr;

write(‘Masukkan nilai dari X : ‘); readln(X);

writeln;

writeln(‘Pangkat’);

writeln(‘----------‘);

writeln(‘Nilai X dipangkatkan : ‘, SQR(X));

writeln;

writeln(‘Akar’);

writeln(‘------‘);

writeln(‘Nilai X diakarkan : ‘, SQRT(X):1:0);

readln;

end.

Outputnya :

Masukkan nilai dari X : 9

Pangkat

----------

Nilai X dipangkatkan : 81

Akar

------

Nilai X diakarkan : 3


6) Mencari nilai bulat dan pecahan dari suatu nilai yang dimasukkan melalui keyboard (diinput). Nilai pecahan tersebut dibulatkan sampai 3 angka dibelakang koma (,)

Jawab :

Program Bilangan;

uses crt;

Var J: Real;

begin

clrscr;

write(‘Masukkan Nilai J : ‘); readln(J);

writeln;

writeln;

writeln(‘Bilangan bulatnya : ‘, INT(J):5:2);

writeln;

writeln(‘Bilangan Pecahan : ‘, FRAC(J):5:3);

readln;

end.

Outputnya :

Masukkan Nilai J : 19.108



Bilangan bulatnya : 19.00


Bilangan Pecahannya : 0.108


7) Tampilkan nama dan NPM anda di dalam window, dan terletak pada tengah-tengah layer

Jawab :

Program Nama;

Uses crt;

Var I : integer;

Begin

TEXTBACKGROUND(BLACK);

Clrscr;

For I := 1 to 9 do

Begin

TEXTBACKGROUND(WHITE);

WINDOW(42-I*4,10-I,38+I*4,15+I);

Clrscr;

End;

TEXTCOLOR(RED);

GOTOXY(20,10);

WRITRELN(‘NAMA SAYA YAZRI BUDI MARIYON’);

Gotoxy(25,11);

Writeln(‘NPM saya 32108074’);

Readln;

End.

Outputnya :

Maka akan keluar “NAMA SAYA YAZRI BUDI MARIYON ” dan “NPM saya 32108074” kata kata tersebut akan keluar pada saat di running dan akan berada tepat di tengah layar dan warna tulisan berwarna merah dan layar berwarna putih.

0 komentar:

Posting Komentar